Senin, 01 Agustus 2016

Boleh Fokus Di SEO, Tapi Jangan Lupakan Hal Ini

Baik Anda yang membuat situs/blog demi kepentingan bisnis online atau sebagai media curahan hati atau agenda pengalaman hidup, pastinya ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itu semakin naik halaman Anda di rangking mesin pencari internet maka akan semakin banyak orang mengunjungi situs Anda dan membaca informasi yang Anda tawarkan. Masalahnya, banyak pemilik situs yang terpaku dengan teori dan teknik SEO yang baik dan benar sehingga melupakan faktor penting dari tujuannya yaitu pembaca. Tulisan dengan teknik optimasi yang lengkap belum tentu enak ketika dibaca yang akhirnya berujung pada pengunjung yang kabur dan malas datang kembali. Jadi bagaimana agar situs Anda tetap teroptimasi namun kualitas kontennya juga tidak terabaikan?

Pengulangan kata kunci
Hal pertama yang mesti diingat adalah pengulangan kata kunci yang sewajarnya saja. Jika memang tidak cocok dengan kalimat dan konteksnya tidak perlu dipaksakan untuk dimasuki kata kunci hanya demi mengejar jumlah kata kunci yang “ideal” dalam satu artikel. Pengulangan kata kunci yang terlalu banyak justru membuat artikel Anda membosankan dan tidak banyak mengandung informasi yang berguna. Pemaksaan kata kunci juga akan membuat kalimat yang dibaca menjadi aneh dan tidak wajar.

Variasi kata
Dalam menuliskan sebuah artikel memang dibutuhkan kemampuan berbahasa yang cukup baik. Dalam menentukan rangkin, mesin pencari tidak kaku hanya berpatok pada hal-hal yang sifatnya teknis misalnya penempatan kata kunci, adanya subheading, tags, judul yang mengandung kata kunci, dan lain sebagainya. Mesin pencari juga mempertimbangkan tulisan yang lengkap informasinya sehingga yang muncul di halaman depan adalah situs-situs dengan kualitas konten yang bermanfaat bagi pengguna internet. Gunakan variasi atau sinonim kata ketika menjelaskan suatu masalah dan solusinya karena ada banyak pengguna internet yang menggunakan kata-kata kunci yang dianggap tidak umum.

Interaksi dengan pengunjung

Berinteraksi dengan pengunjung yang meninggalkan komentar pada postingan Anda bisa menurunkan bounce rate karena itu berarti pengunjung betah untuk berada di situs atau blog Anda.  Agar pengunjung situs Anda semakin betah dan semakin banyak komentar yang masuk, jangan ragu untuk memberikan balasan kepada setiap komentar yang masuk bahkan jika itu hanya mengembalikan sapaan saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar