Senin, 20 Agustus 2018

Mengenal Venture Capital Indonesia dalam Dunia Bisnis



Venture Capital atau yang biasa disingkat dengan istilah VC adalah elemen yang sangat penting dalam dunia startup. VC menjadi hal yang sangat penting dalam ekosistem startup di Indonesia, maka dari itu banyak perusahaan startup di Indonesia yang menggunakan Venture Capital Indonesia untuk membantu mengembangkan bisnis mereka dalam beberapa tahun ke depan. Venture Capital juga dapat disebut sebagai modal yang dipinjamkan kepada perusahaan startup yang memiliki potensi sukses dan berkembang lebih besar di masa depan. Modal pinjaman ini biasanya berasal dari para Venture Capitalist yang sudah memiliki limited partners yang akan melakukan investasi dana untuk para startup.


Salah satu venture capital Indonesia adalah Convergence venture capital yang informasi lebih detailnya bisa dilihat di situs convergencevc.com. Convergence VC adalah salah satu Venture capital di Indonesia yang sudah banyak melakukan investasi pada startup yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Team dalam VC ini sudah bekerja sama dengan para limited partners dari Indonesia ataupun dari luar negeri. Maka dari itu modal yang bisa dipinjamkan sudah pasti sangat besar. Untuk mendapatkan investasi dari para limited partners tentunya perusahaan startup harus memiliki planning yang matang dan jelas untuk perkembangan perusahaan. Sebelum berinvestasi atau memberikan pinjaman modal, team venture capitalist akan menganalisis dan melakukan prediksi terlebih dahulu pada startup yang akan dijadikan partner.

Jika perusahaan startup tersebut diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang berkali lipat dari investasi awal, maka venture capitalist pasti akan memberikan modal sesuai permintaan. Venture Capital Indonesia, selain menyediakan pinjaman modal untuk startup, mereka juga akan memfasilitasi berbagai kebutuhan bisnis baik dalam hal konsultasi ataupun melakukan membuat strategi bisnis dalam dunia pemasaran. Menggunakan venture capital tentu tak semudah melakukan pinjaman di bank, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar proses pendanaan bisa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh startup. Hal ini dikarenakan jumlah dana yang akan diinvestasikan tentunya tidak sedikit. Demikian sedikit informasi mengenai venture capital. Semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar