Kamis, 02 Februari 2017

Hal-Hal Ini Jadi Ancaman Keamanan Bagi Layanan Data Centre


Data centre atau pusat data adalah sebuah layanan yang merupakan tempat penyimpan  server-server database dan juga sistem-sistem pendukungnya misalnya sistem komputer dan sistem komunikasi. Secara sederhana fasilitas ini merupakan bank data bagi aplikasi internet maupun perusahaan di mana data yang disimpan bisa diakses dengan menggunakan jaringan komunikasi yang terpadu, aman, dan stabil. Di dalam sebuah pusat data terdapat simpanan informasi dan data-data yang sangat penting dan bersifat rahasia sehingga fasilitas pusat data harus dibentengi dengan spesifikasi keamanan yang tinggi baik secara fisik maupun non fisik. Berikut adalah hal-hal yang bisa mengancam keamanan sebuah pusat data.



Infeksi malware
Data-data yang tersimpan dalam server adalah data dalam bentuk digital yang beresiko terinfeksi malware. Malware bisa masuk ke jaringan pusat data dengan firewall yang lemah dan menggunakan anti malware yang abal-abal. Oleh karena itu ketika Anda membangun sebuah pusat data pastikan membangun firewall yang ampuh untuk menolak malware agar data yang tersimpan tidak mudah untuk dibobol atau dikacaukan oleh peretas yang ingin mencuri informasi krusial dari perusahaan Anda. Pemindaian secara rutin wajib untuk dilakukan untuk menemukan potensi-potensi bahaya sebelum terjadi eror.

Spesifikasi bangunan
Pemilihan material bangunan yang digunakan untuk pusat data harus dicermati dengan baik. Misalnya untuk spesifikasi material tembok yang tidak boleh mudah bocor dan mengalami rembesan air karena ruangan pusat data yang penuh dengan sistem kelistrikan. Kelembaban dan suhu yang panas juga bisa jadi ancaman bagi keamanan pusat data karena itu dibutuhkan sistem pendingin udara yang bekerja optimal agar server yang tersimpan tidak overheating.

Pencurian data
Data juga bisa dicuri oleh orang-orang yang menyalahgunakan akses keluar masuk data centre. Maka dari itu fasilitas pusat data tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang, memiliki sistem penguncian dengan keamanan yang berlapis, dilengkapi dengan kamera pengawas, dan perekaman data siapa saja yang keluar masuk agar mudah untuk dideteksi. Untuk menghindari potensi-potensi yang bisa membahayakan keamanan pusat data, diperlukan sumber daya yang memadai untuk membentengi fasilitas pusat data dengan standar keamanan yang terus diperbarui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar