Selasa, 11 Juli 2017

Tugas Seorang Web Designer Dalam Perancangan Layour Website


Peran web designer atau perancang desain website sangat penting dalam penyajian tampilan website yang berkualitas dan menarik bagi pengunjungnya. Jika dilihat dari namanya, seseorang yang berprofesi sebagai perancang desain website tentunya memiliki tugas untuk merancang tampilan desain website agar bisa menarik bagi pengunjung. Desain website yang dimaksud adalah saat Anda membuka ataupun menikmati tampilan layar pada gadget Anda. Salah satunya layar telepon, layar laptop, layar tablet dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui bahwa perancang desain website tidak meliputi perancangan brosur, cover, banner dan lain-lain. Karena yang demikian adalah tugas seseorang yang berprofesi sebagai graphic designer.


Ada beberapa tugas yang biasanya sangat berkaitan erat dengan seorang perancang desain website. Salah satu pekerjaan yang dimaksud adalah merancang tampilan layout website tertentu. Rancangan layout website ini bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya apakah layout website akan dirancang dengan menggunakan tools yang digunakan sebagai media pembuatan wireframe ataupun hanya menggunakan wireframe yang hanya dirancang dengan media coretan di kertas. Setelah menentukan layout mana yang akan dirancang, tugas selanjutnya seorang web designer adalah merancang layout yang telah jadi tersebut secara visual. Perancang layout website bisa mengaplikasikan rancangan layout tersebut dengan bantuan gimp, firework dan photoshop.

Tugas selanjutnya seorang web designer adalah mengonversikan layout dalam bentuk visual tersebut ke format CSS atau HTML. Tujuan konversi tersebut agar layout website bisa dijalankan dengan maksimal oleh mesin pencarian. Konversi layout website visual ke CSS atau HTML dalam dunia teknologi sering diberi nama slicing. Karena sebagian besar desain website dibuat dari hasil rancangan photoshop sebelumnya. Tugas seorang perancang desain website adalah memotong desain visual yang sudah jadi dan dibuat menjadi potongan gambar. Tujuannya agar saat diaplikasikan dalam website, layout website visual tidak memakan ruang yang besar serta tidak memberatkan proses loading. Tak hanya itu saja, memotong bagian desain website visual tadi juga akan sangat membantu dalam menentukan gambar atau tulisan mana yang statis dan dinamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar