Selasa, 23 April 2019

Perhatian Khusus Saat Menangani Luka



Pernahkah Anda mengalami luka kecil seperti baret atau sayat? Jika iya, bagaimana solusinya? Nah, luka baret maupun sayat adalah luka yang umum dialami oleh setiap orang. Meskipun tergolong kecil, jangan sekali-kali anggap remeh karena bisa berakibat fatal seperti infeksi. Bahkan ada yang bilang membiarkan luka sayat atau baret akan lebih cepat kering dengan sendirinya di udara. Ketahuilah, menurut penelitian, malah luka yang ditutuplah yang akan sembuh lebih cepat dan efektif ketimbang dibiarkan kering di udara. Apalagi jika Anda menutup luka tersebut menggunakan plester luka dari produk hansaplast yang sudah teruji kualitasnya. Nah, berikut ini akan diulas apa saja yang perlu diperhatikan saat merawat luka kecil sendirian.

Tentu, Anda sudah tahu langkah pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K pada pasien yang mengalami luka kecil seperti baret dan sayat bukan? Jika sudah, maka Anda juga wajib tahu kapan harus menolongnya, dan kapan harus membawanya ke dokter. Nah, ketika kondisi tidak memungkinkan, tidak ada pilihan lain selain membawanya ke ahli yang profesional. Kondisi seperti apakah yang dimaksud? Diantaranya, apabila luka yang terjadi cukup dalam dan menyebabkan banyak pendarahan. Darah tak kunjung berhenti meskipun sudah ditekan dengan bantalan kain. Kedua, apabila luka yang terjadi menunjukkan adanya infeksi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya daerah sekitar luka yang merah, hangat, bahkan bengkak.

Ketiga, adanya benda yang tertanam pada luka sehingga harus diatasi oleh ahli yang profesional. Keempat, luka tersebut terjadi akibat gigitan hewan, manusia, atau kontak dengan darah hewan. Kelima, ketika luka terjadi di area wajah supaya tidak meninggalkan bekas yang berarti, dan terakhir ketika ada kekurangan dalam hal vaksinasi tetanus.

Nah, meskipun Anda dapat merawat luka sendirian, pastikan untuk menjaga kebersihan plester luka yang digunakan dengan menggantinya secara berkala demi kesterilan luka. Begitupula ketika luka Anda mengeluarkan nanah, segera hubungi dokter untuk meminta pertolongan. Selain memperhatikan langkah pertolongan di atas, ada baiknya selalu waspada dan hati-hati supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar